Jumat, 18 Februari 2011

unsur - unsur komunikasi dan berkomunikasi yang efektif


Komunikasi merupakan terjemahan kata communication yang berarti perhubungan atau perkabaran. Communicate berarti memberitahukan atau berhubungan. Secara etimologis, komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio dengan kata dasar communis yang berarti sama. Secara terminologis, komunikasi diartikan sebagai pemberitahuan sesuatu (pesan) dari satu pihak ke  pihak lain dengan menggunakan suatu media. Sebagai makhluk sosial manusia sering berkomunikasi satu sama lain, oleh karena itu dibutuhkan keefektifan dalam berkomunikasi agar suatu pesan dapat tersampaikan dengan baik tanpa terjadi salah persepsi.
undefined

Untuk dapat berkomunikasi secara efektif kita perlu memahami unsur-unsur komunikasi, antara lain:

1.     Komunikator.
Pengirim (sender) yang mengirim pesan kepada komunikan dengan menggunakan media tertentu. Unsur yang sangat berpengaruh dalam komunikasi, karena merupakan awal (sumber) terjadinya suatu komunikasi
2.     Komunikan.
Penerima (receiver) yang menerima pesan dari komunikator, kemudian memahami, menerjemahkan dan akhirnya memberi respon.
3.     Media.
Saluran (channel) yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebagai sarana berkomunikasi. Berupa bahasa verbal maupun non verbal, wujudnya berupa ucapan, tulisan, gambar, bahasa tubuh, bahasa mesin, sandi dan lain sebagainya.
4.     Pesan.
Isi komunikasi berupa pesan (message) yang disampaikan oleh Komunikator kepada Komunikan. Kejelasan pengiriman dan penerimaan pesan sangat berpengaruh terhadap kesinambungan komunikasi.

5.     Tanggapan.
Merupakan dampak (effect) komunikasi sebagai respon atas penerimaan pesan. Diimplentasikan dalam bentuk umpan balik (feed back) atau tindakan sesuai dengan pesan yang diterima.

Komunikasi Efektif adalah Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yg terlibat dalam komunikasi. Komunikasi efektif tejadi apabila suatu pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. Karena itu, dalam berkomunikasi, khususnya  komunikasi verbal  dalam forum formal,  diperlukan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Memahami maksud dan tujuan berkomunikasi.
2.     Mengenali komunikan (audience).
3.     Berorientasi pada tema komunikasi.
4.     Menyampaikan pesan dengan jelas.
5.     Menggunakan alat bantu yang sesuai.
6.     Menjadi pendengar yang baik.
7.     Memusatkan perhatian.
8.     Menghindari terjadinya gangguan.
9.     Membuat suasana menyenangkan.
10. Memanfaatkan bahasa tubuh dengan benar.
sumber www.immasjid.com/dl_jump.php?id=83
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi 
  • Komunikasi Efektif  By : Lastry. P, SST 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar